Bahaya Narkoba

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Terdapat suatu kenyataan yang sulit dipercaya, bahwa hampir semua pengguna narkoba mengetahui bahaya dari narkoba, namun hanya sedikit yang bersedia dan berhasil untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Ancaman penyakit yang mengintai terkadang tidak cukup ampuh untuk membuat pacandu menghentikan kebiasaannya. Narkoba di satu sisi merupakan suatu yang dibenci dan dicoba untuk dihindari, namun di satu sisi yang lain dianggap sebagai sahabat setia yang terus dicari dan dijadikan sebagai salah satu alat pergaulan.

Narkoba dipandang sebagai masalah yang paling mendesak untuk ditangani dan dikurangi, karena mengandung pelbagai senyawa beracun dan bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan keganasan). Kebiasaan merokok, sebagai salah satu media menikmati narkoba, misalnya putauw ternyata juga mempunyai keterkaitan dengan penyakit Tuberculosis (TBC), sehingga keduanya merupakan agenda penting dari WHO akhir-akhir ini. Hal ini juga merupakan masalah yang sangat penting bagi Indonesia yang merupakan penyumbang kasus TBC ketiga terbanyak di dunia (Aditama, Kompas, hal 28, 16 April 2003).

Pada tahun 1964, WHO sebagai badan kesehatan sedunia menyatakan bahwa istilah "Adiksi" tidak lagi menjadi istilah ilimiah dan menganjurkan menggantinya dengan istilah "ketergantungan obat". Ketergantungan obat dalam hal ini meliputi dua dimensi yaitu, ketergantungan perilaku dalam aktivitas mencari-cari zat, dan ketergantungan fisik beserta gejala-gejala yang muncul sebagai akibat ketergantungan obat tersebut.

Ketergantungan pada Putauw atau disebut dengan nama lainnya yaitu Amphetamin, crack, ice, meth, crystal, shabu, atau speed banyak disebut sebagai salah satu bentuk ketergantungan yang paling tua dalam sejarah modern, dikarenakan ditengarai sudah dilakukan semenjak tahun 1932. Penelitian yang dilakukan oleh National Household Survey on Drug Abuse di Amerika pada tahun 1991, satu persen dari total populasi 20.145.033 remaja berusia 12-17 tahun mengalami ketergantungan terhadap putau.

Demikian juga empat persen dari populasi 28.496.148 remaja berusia 18-25 tahun (Kaplan, 1997). Survei tersebut juga menemukan bahwa jenis kelamin laki-laki lebih tinggi dalam hal jumlah penyalahgunaan putauw yaitu 7.4 juta yang merupakan penguna dibanding 5.4 juta wanita. Hal yang memprihatinkan adalah jumlah narkoba yang disalahgunakan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dalam usia pertama kali orang merokok yang semakin muda.

Menurut data dari National Institute on Drug Abuse (NIDA) pada tahun 1991 di Amerika terdapat kecenderungan peningkatan jumlah pecandu baru pada kelompok usia 18 sampai 25 tahun, namun jika dilihat dari jumlah narkoba yang dikonsumsi, kelompok usia dewasa 26 sampai 34 tahun adalah kelompok usia yang terbanyak menghabiskan narkoba dalam satu harinya (Kaplan, 1997). Para ahli terus melakukan penelitian untuk mencari jawaban atas pertanyaan penyebab dari kebiasaan mecandu pada tiap tahapan usia. Berbeda dengan kebiasaan mecandu yang dilakukan oleh remaja yang lebih karena usahanya dalam mencari jati diri atau tekanan dari kelompok sebaya (Prabandari, 1994), maka kebiasaan menggunakan putauw pada usia dewasa selain sebagai akibat kebiasaan merokok yang dilakukan semenjak usia remaja juga merupakan usaha untuk melarikan diri dari perasaan frustrasi dan depresi sebagai akibat dari lingkungan kompetitif yang dihadapinya (Butler dalam Kaplan, 1997).

Sementara itu, gencarnya pengaruh dari lingkungan pergaulan yang dialami, sering dituding sebagai salah satu penyebab dari terus bertambahnya angka pecandu di kalangan masyarakat. Di sisi lain, Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang pembatasan penggunaan narkoba ,beserta hukuman bagi pecandu maupun pengedar masih dianggap terlampau lunak dan pelaksanaan yang belum merata, serta masih maraknya suap di kalangan penegak hukum membuat upaya pemberantasan narkoba masih sangat sulit dilakukan. Hal ini membuat tingkat bahaya narkoba dan kecenderungan ketagihan dan ketergantungan pada narkoba akan semakin tinggi, dan semakin sulitnya seseorang untuk melepaskan dirinya dari ketergantungan terhadap narkoba.

Ketagihan yang disebabkan oleh narkoba, seringkali bukanlah suatu kebiasaan yang dapat dengan mudah diubah oleh seseorang. Seringkali pula bantuan ahli atau adanya terapi diperlukan dalam usaha mengendalikan perilaku merokok. Dalam dunia Psikiatri, misalnya , dikenal terapi kombinasi penggunaan nikotin transdermal, atau obat-obatan jenis pengganti nikotin, seperti Lobeline (tablet hisap nikotin), Clonidine (Catapres), anti depresan khususnya Fluoxetine (Prozac), dan Buspirone (Bu Spar) (Kaplan, 1997). Namun, kemudian disadari bahwa hanya dengan terapi kimiawi saja tidak cukup efektif untuk mengendalikannya. Fenomena penyalahgunaan zat mempunyai banyak implikasi untuk penelitian.

Dikatakan bahwa beberapa zat dapat mempengaruhi perilaku baik internal, misalnya :mood ataupun eksternal yaitu perilaku yang dapat diamati oleh orang lain. Dalam hal ini dikatakan bahwa penggunaan psikotropika, termasuk putauw dengan kerusakan fungsi otak adalah berhubungan erat. Dalam hal ini, penanganan yang lebih serius untuk mencegah semakin luasnya penyebaran narkoba perlu dilakukan secepatnya agar efek merusak pada kalangan remaja dapat dicegah sedini mungkin mengingat bahwa biaya yang digunakan untuk melakukan rehabilitasi narkoba telah mencapai 200 milyar dolar pada tahun 1990-an di Amerika saja, belum termasuk di belahan lain di dunia, jauh lebih besar dibandingkan pemasukan devisa bagi sebagian besar negara di dunia.

Munculnua arus globalisasi dan informasi mengakibatkan jarak Negara dan jarak budaya makin tipis saja. Orang dapat menyaksikan peristiwa yang terjadi di Negara yang jaraknya jauh cukup dengan duduk di depan televisi. Berbagai budaya dari berbagai Negara sering ditampilkan pula di layer televise. Ada budaya asing yang baik dan pantas ditiru, akan tetapi ada pula budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Salah satunya adalah narkoba. Penggunaan narkoba di kalangan generasi muda harus diakui sebagai efek negative dari arus globalisasi.

Makalah ini akan membahas bahaya narkoba bagi generasi muda. Persoalan ini dirasa sangat penting karena generasi muda adalah tulang punggung Negara, baik dan tidaknya, maju dan mundurnya di tentukan oleh kualitas generasi mudanya.

B. Rumusan Masalah

Studi ini dilakukan dengan beberapa permasalahan yang dianggap mendasar bagi bahaya narkoba di kalangan remaja, yaitu :

v Apakah pernyebab terjadinya para generasi muda yang menggunakan narkoba ?

v Bagaimana bahaya yang timbul akibat pemakaian narkoba ?

v Apa alternative pemecahan terhadap bahaya narkoba bagi generasi muda ?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk memberikan deskripsi tentang penyebab, akibat dan alternative pemecahan terhadap bahaya narkoba yang mengancam generasi muda.

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research). Data utama yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari hasil dari penelitian bahan-bahan pustaka. Sebagaimana layaknya penelitian pada umumnya data sekunder itu yaitu yang didapat dari buku, jurnal, majalah, dan surat kabar, makalah-makalah, skripsi, tesis dan desertasi.

Bertolak dari bahan-bahan hukum tersebut kemudian dilakukan analisis sekunder (secondary analysis) yang merupakan analisis terhadap data yang dikumpulkan, termasuk data yang disajikan peneliti lain dengan tujuan tersendiri, yang tidak perlu sama dengan tujuan studi ini. Persoalan utama berkaitan dengan analisis sekunder ini menurut Ferman dan Levin adalah kecocokan antara data yang diperoleh dengan data yang diperlukan.

Dari hasil analisis akan diajukan rekomendasi-rekomendasi yang berkaitan dengan tiap-tiap permasalahan dengan berdasarkan paradigma dan konsep-konsep yang telah dipersiapkan sebelumnya. Keseluruhan langkah-langkah penelitian ini akan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan-kesimpulan yang merupakan pokok-pokok pemikiran yang dihasilkan dari penelitian ini, serta pengajuan rekomendasi umum yang merupakan usulan-usulan dari penelitian ini yang lebih mengarah pada hal-hal yang bersifat umum dan pokok.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Bahaya Narkoba"

Posting Komentar