JUS ‘ Jalan Pintas’ Menuju Sehat

JUS ‘ Jalan Pintas’ Menuju Sehat

Untuk memperoleh khasiat buah-buahan dan sayur-sayuran, juslah yang paling mudah dicerna.

Besarnya manfaat buah-buahan dan sayur-sayuran segar sebagai sumber vitamin dan mineral memang telah banyak diketahui. Bahkan serat yang sama sekali tidak mengandung zat gizi pun, ternyata sudah terbukti bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sehingga zat-zat kimiawi tanaman (phytochemical) yang dapat merangsang system kekebalan dan melawan beberapa penyakit, seperti radang sendi, penyakit jantung dan kanker. Zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan segar atau mentah memang lebih hidup daripada yang terkandung dalam makanan yang dimasak. Vitamin C, sebagian besar vitamin B-kompleks dan sejumlah enzim, misalnya tidak dapat bertahan dalam panas. Protein dalam makanan yang dimasak menjadi sulit dicerna oleh tubuh. Lemak berubah menjdi carcinogenic aldehydes dan peroksida.

Bila mengkonsumsi makanan dalam bentuk yang lebih alami, Anda akan memperoleh hampir 100% zat gizi dan zat lainnya., termasuk phytochemycal dan sejumlah enzim yang akan membantu pencernaan. Energi yang dibutuhkan untuk mencerna menjadi berkurang, sehingga Anda memiliki lebih banyak energi dan stamina serta tubuh pun lebih mampu melawan penyakit.

Untuk memperoleh khasiat buah-buahan dan sayur-sayuran, juslah yang paling mudah dicerna. Hal itu karena selulosa (sejenis karbohidrat yang membentuk kerangka tanaman) yang terdapat dalam buah dan sayur sudah hilang setelah proses pengolahan. Hasilnya, ekstrak buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut dapat langsung masuk ke dalam perut dan diserap dalam beberapa menit.

JUS, dapat dikonsumsi

Anggaplah buah-buahan dan sayur-sayuran seperti makanan yang belum dicerna. Sedangkan alat pengolahnya (juicer) sebagai system pencernaan akan memecah makanan menjadi zat gizi cair yang cukup kecil, sehingga dapat masuk ke dalam aliran darah. Demikian pula dengan juicer. Selain energi bagi tubuh, jus juga akan memberikan zat gizi instant ke dalam aliran darah.

Kelebihan jus dibandingkan makanan lainnya adalah bahwa jus mengandung energi penyembuh dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup banyak plus sari makanan, seperti klorea. Jus buah terutama berfungsi sebagai pembersih.

Buah-buahan, terlebih-lebih lagi jus buah, dapat membantu membersihkan organ tubuh. Sedangkan jus sayur lebih banyak memiliki efek menguatkan yang menyembuhkan, menstabilkan dan membangun tubuh. Seperti juga jus buah, setiap sayur mempunyai khasiat untuk menyembuhkan organ-organ tubuh tertentu. Misalnya, bit dapat membantu menyembuhkan hati.

Buah dan sayur alami 100% lebih sehat

Membuat jus sendiri di rumah selain kebersihannya lebih terjamin juga lebih ekonomis. Harga buah-buahan dan sayur-sayuran mentah lebih murah daripada jus yang siap santap. Ada berbagai macam buah dan sayur yang dapat Anda manfaatkan. Bahkan, beberapa diantaranya hanya dijumpai di Indonesia.

∞ Alpukat

Alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol, membantu meregenerasi sel darah merah dan mencegah anemia, melembabkan kulit, serta mencegah sembelit. Lemak yang terkandung dalam buah ini merupakan lemak tak jenuh, sehingga mudah dicerna dan berguna untuk berbagai fungsi tubuh. Alpukat juga mengandung vitamin E, beberapa vitamin B dan kalsium. Ke dalamnya Anda dapat menambahkan jus tomat, perasan jeruk lemon atau air jeruk.

∞ Anggur

Kandungan magnesium yang tinggi menyebabkan anggur dapat digunakan untuk terapi. Magnesium merupakan elemen yang diperlukan untuk pergerakan feses yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar (laksatif) yang baik. Sifatnya basah, sehingga buah ini dapat menetralkan darah yang terlalu asam yang memiliki efek merugikan bagi tubuh. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga dapat menambahkan cairan yang diperlukan untuk menghilangkan deposit lemak yang mengeras dalam tubuh.

∞ Apel

Apel merupakan sumber penting vitamin C. Biasanya digunakan untuk mengatasi retensi (tertahannya) cairan dan sembelit. Terutama baik untuk jantung dan system vascular serta membantu menurunkan kadar kolesterol. Apel mengandung malic acid dan galacturonic acid, yang merupakan penawar racun. Mint yang ditambahkan ke dalamnya dapat membantu fungsi pencernaan. Sedangkan jahe akan meringankan sakit perut.

∞ Bayam

Sayur ini baik untuk kesehatan limfe, urin dan system pencernaan. Selain itu, bayam memiliki efek laksatif dan dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Kandungan karotenoidnya yang tinggi menyebabkan bayam dapat mencegah kanker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "JUS ‘ Jalan Pintas’ Menuju Sehat"

Posting Komentar